Fokuskan Pelatihan, Ka.Kankemenag: TC Peserta MTQ Digelar di Luar Daerah

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin menyatakan bahwa pelaksanaan Training Centre (TC) Peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kab. Balangan akan digelar di luar kabupaten.

 

"Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan TC digelar di kabupaten kita sendiri dengan mendatangkan pelatih dari luar, tahun ini kita mengadakan perubahan, dimana TC akan dilakukan di Banjarmasin, tepatnya di Hotel Aston Kab. Banjar," ujarnya saat memberikan arahan pada Rapat Pengarahan peserta MTQ Kab. Balangan, yang disambut  dengan tepuk tangan meriah dari para peserta.

 

Pada rapat yang digelar di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan pada Rabu (10/05/23) tersebut, Saribuddin menjelaskan berkaca dari pengamalan terdahulu, saat pelaksanaan TC ada beberapa peserta yang kurang fokus, seperti datang terlambat atau ingin izin pulang.

 

"Kalau pelatihan dilaksanaan di hotel, peserta bisa fokus untuk benar-benar berlatih, bahkan bisa memanfaatkan waktu malam hari juga untuk berlatih," tambahnya.

 

Meski begitu, menurut Saribuddin akan ada perlakuan yang berbeda bagi para peserta MTQ Cabang Kaligrafi, yang mana pelatihannya tidak dilaksanakan di Hotel Aston, namun langsung terbang ke Jogja untuk berguru kepada Kiai Robert Nashrullah, pakar ahli Kaligrafi Indonesia yang aslinya merupakan orang Kalimantan Selatan.

 

"Kami sudah melakukan kunjungan ke Jogjakarta beberapa hari yang lalu, bertemu dengan Pak Robert meminta petunjuk beliau. Pak Robert menyambut baik dan bersedia untuk melatih, dengan pesan agar peserta bisa serius karena pelatihan nantinya tidak dilakukan selama tiga hari, namun satu bulan penuh," ujarnya.

 

Menurut Saribuddin, pelaksanaan TC yang digelar di luar kabupaten dan dua tempat sekalian tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya dukungan dan perhatian yang begitu banyak dari pemerintah daerah. Karenanya Saribuddin berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti TC agar bisa menerima arahan yang diberikan bimbingan dengan baik, konsentrasi dalam melatih, agar benar-benar terlihat hasil yang memuaskan saat bertanding pada MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke-34 yang akan digelar di Banjarbaru dalam waktu dekat.

 

"Memang meningkatkan prestasi tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus ada upaya bertahap. Intinya  tahapan itu dulu yang harus dijalankan, agar bisa sampai meraih tujuan membawa harum nama Bumi Sanggam dengan AL-Qur'an," tutupnya.

 

TC Peserta MTQ Kab. Balangan akan digelar selama tiga hari pada Jum'at - Minggu tanggal 12 s.d 14 Juni 2023.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments