Ka.Kankemenag: BKM Berperan Mendukung Kegiatan Keagamaan dan Kesejateraan Umat

 


Banjarmasin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I resmi dikukuhkan sebagai Ketua Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kabupaten Balangan untuk periode tahun 2023-2027. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Provinsi Kalimantan Selatan Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.MPd bertempat di Aula Kanwil Kemenag Kalsel, Selasa (22/08/23).

 

Saribuddin menerangkan bahwa BKM memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung kegiatan keagamaan dan kesejahteraan umat Muslim di wilayah Kabupaten Balangan.

 

"Tugas utamanya adalah mengkoordinasikan berbagai kegiatan di masjid, termasuk program sosial, keagamaan, dan pendidikan. Ketua BKM juga bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya yang diperlukan untuk menjaga dan memelihara masjid-masjid, termasuk pengumpulan dana dan manajemen keuangan," terangnya panjang lebar.

 

Saribuddin berharap dapat bekerja sama dengan semua pihak, termasuk masyarakat dan pemerintah setempat, untuk meningkatkan kesejahteraan dan keberkahan di masjid-masjid Kabupaten Balangan.

 

"Pengukuhan ini merupakan momen penting dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial di masyarakat. Semoga dengan kepemimpinan yang baru ini, masjid-masjid di Kabupaten Balangan semakin berperan aktif dalam memajukan kehidupan umat Muslim dan masyarakat secara keseluruhan," harapnya.

 

Sementara Ka.Kanwil Kemenag Kalsel Tambrin dalam arahannya menyakini para pengurus yang dikukuhkan merupakan orang-orang pilihan dan mampu untuk mengemban amanah dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan.

 

"Semoga Ketua BKM beserta pengurus yang dilantik dapat meningkatkan kejahteraan masjid atas dasar takwa melalui manajemen Idarah, Imarah dan Ri’ayah dalam pengelolaan masjid, sebagaimana Keputusan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2006 tentang tujuan dibentuknya BKM," imbuhnya.

 

Pengukuhan dilakukan terhadap pengurus BKM 13 Kabupaten/kota se Kalsel secara daring dan luring yang diwakili  Ketua, Ketua Harian dan Sekretaris BKM se provinsi Kalsel.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments