Ka.Kankemenag: DAD Berperan Penting Menjaga Warisan Budaya dan Kearifan Lokal

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menghadiri acara Musyawarah Dewan Adat Dayak (DAD) Kab. Balangan di Meeting Room Arraudah Resto and Waterpark, Senin (07/08/23).

 

Dimintai keterangan, Saribuddin menekankan pentingnya peran Dewan Adat Dayak dalam memelihara dan menjaga warisan budaya serta kearifan lokal masyarakat Dayak.

 

"DAD memiliki peran yang sangat krusial dalam mempertahankan nilai-nilai tradisional yang kaya serta memastikan keberlanjutan budaya Dayak di tengah perkembangan zaman," ujarnya.

 

Tema "Penguatan Peran Lembaga Adat Dayak dan Peningkatan SDM Masyarakat Dayak dalam Mendukung Indeks Kesejahteraan Nusantara (IKN) di Pulau Borneo" juga menjadi sorotan Saribuddin dengan menggarisbawahi perlunya penguatan pendidikan dan keterampilan masyarakat Dayak untuk meningkatkan kesejahteraan.

 

"Dengan memadukan kearifan lokal dan pengetahuan modern, masyarakat Dayak dapat berkontribusi secara positif dalam mencapai target Indeks Kesejahteraan Nusantara," tambahnya.

 

Menurut Saribuddin, kesejahteraan suatu daerah tidak hanya diukur dari aspek ekonomi semata, tetapi juga melibatkan dimensi sosial, budaya, dan spiritual.

 

"Karenanya saya mengajak Lembaga Adat Dayak dan masyarakat untuk bersama-sama merencanakan strategi yang tepat dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, sehingga terwujud kesejahteraan yang berkelanjutan," tegasnya.

 

Di akhir keterangannya, Saribuddin menyampaikan apresiasi atas inisiatif Dewan Adat Dayak Kab. Balangan dalam mengadakan musyawarah ini.

 

"Semoga hasil dari musyawarah ini menjadi pijakan kuat bagi pengembangan Lembaga Adat Dayak dan pemberdayaan masyarakat Dayak menuju Indeks Kesejahteraan Nusantara yang lebih baik," ucapnya optimis.

 

Acara Musyawarah DAD juga dihadiri Ketua DPRD Kab. Balangan, Dandim 1001 AMT/BLG, Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, Kapolres Balangan AKPB Riza Muttaqin, Kejari Balangan Fajar Gurindro, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Akhmad Fauzi mewakili Bupati Balangan, serta tokoh agama dan tokoh masyatrakat.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments