Ka.Kankemenag: Menanam Pohon Wujud Kepedulian Pada Lingkungan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - "Kegiatan penanaman pohon merupakan wujud kepedulian pada lingkungan yang memiliki banyak manfaat positif," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin dimintai keterangan usai mengikuti Kegiatan Menanam Pohon Serentak di Taman Hijau Balangan, Rabu (23/08/23).

 

Menurut Saribuddin, penanaman pohon adalah salah satu upaya dalam pelestarian lingkungan dan konservasi alam. Pohon-pohon yang ditanam akan memberikan manfaat jangka panjang berupa penyerapan karbon dioksida (CO2) dari udara dan penyediaan habitat bagi berbagai makhluk hidup.

 

"Menamam pohon juga meningkatkan kualitas udara. Pohon-pohon yang tumbuh akan membantu memurnikan udara dengan menyerap polusi dan menghasilkan oksigen. Ini dapat berdampak positif pada kualitas udara di sekitarnya," tambahnya.

 

Selanjutnya kegiatan penanaman pohon yang diprakarsai oleh Polres Balangan bekerja sama dengan Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kab. Balangan ini juga bisa menjadi kesempatan untuk memberikan pendidikan lingkungan kepada masyarakat dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga alam.

 

"Selain itu acara penanaman pohon serentak biasanya melibatkan banyak orang. Ini adalah kesempatan baik untuk mempererat hubungan antarwarga dan membangun rasa kebersamaan dalam menjaga lingkungan," tegasnya.

 

Terakhir Saribuddin berharap kegiatan penanaman pohon serentak ini menjadi awal dari banyak upaya lebih lanjut dalam menjaga dan melestarikan lingkungan di Kabupaten Balangan, serta menginspirasi masyarakat untuk turut berperan aktif dalam upaya pelestarian alam.

 

"Dengan demikian, akan ada warisan alam yang berkelanjutan untuk generasi-generasi mendatang," pungkasnya.

 

Kegiatan menanam pohon dilakukan serentak dengan tema Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada tahun 2023. Acara ini tidak hanya sekedar seremonial, tetapi juga mencakup praktik langsung menanam pohon dengan total sekitar 3.500 jenis pohon yang akan ditanam secara bertahap.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments