Ka.Kankemenag: Pontren Turut Berperan Jaga Kantibmas Jelang Pemilu



 

Balangan (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Drs. H. Syamsuri Arsyad menghadiri acara Silaturahmi Kapolres Balangan Bersama Forum Komunikasi Pondok pesantren (FKPP) se-Kab. Balangan dalam Rangka Menjaga Situasi Kantibmas Menjelang Pemilu 2024 di Pondok Pessantren (Pontren) Darussalam Awayan, Jum'at (04/08/23).

 

"Pertemuan ini merupakan langkah konkret untuk membangun kerjasama antara berbagai pihak dalam menjaga situasi kondusif dan aman di daerah menjelang Pemilu," ujarnya dimintai keterangan usai acara.

 

Saribuddin menyatakan pentingnya sinergi antara pihak kepolisian, pemerintah daerah, dan pesantren dalam memastikan suasana yang tenang dan damai selama proses Pemilu berlangsung.

 

"Saya harap pesantren dapat berperan aktif dalam mengajak para santri dan masyarakat sekitar untuk menjaga ketertiban dan mencegah terjadinya gesekan yang tidak diinginkan," tambahnya.

 

Selanjutnya Syamsuri selaku Kasi PAKIS menekankan pentingnya pendidikan agama dalam membentuk sikap toleransi dan menghormati perbedaan dan pesantren memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk karakter dan nilai-nilai keagamaan pada generasi muda.

 

"Saya mengajak semua pihak termasuk pontren untuk saling menguatkan dalam memelihara kerukunan sosial di tengah perbedaan pandangan," harapnya.

 

Sementara Kaplores Balangan, AKBP Riza Muttaqin, mengapresiasi komitmen dari pihak Kemenag dalam mendukung keamanan dan ketertiban masyarakat. Ia juga menghimbau pesantren dan lembaga agama lainnya untuk turut serta dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga stabilitas selama masa Pemilu.

 

"Kegiatan silaturahmi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang positif dalam menjaga situasi yang kondusif menjelang Pemilu 2024. Dengan kerjasama yang kuat antara berbagai pihak, semoga masyarakat Kabupaten Balangan dapat menghadapi Pemilu dengan kedamaian dan keberlanjutan yang terjaga," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments