Ka.Kankemenag: Qari Qariah yang Mengharumkan Nama Daerah Berhak Mendapatkan Apresiasi

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan pentingnya memberikan penghargaan serta apresiasi kepada para qari dan qariah yang berhasil meraih juara saat bertanding di MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

 

"Prestasi yang diraih oleh para qari dan qariah Kab. Balangan di tingkat provinsi adalah sebuah pencapaian yang membanggakan. Mereka telah mengharumkan nama daerah melalui kemampuan luar biasa dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an," ujarnya saat dimintai keterangan usai menghadiri acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) Tingkat Kabupaten Balangan ke-XVI Tahun 2023 di Kecamatan Tebing Tinggi, Sabtu (20/08/23).

 

Saribuddin juga mengapresiasi komitmen dari pemerintah kabupaten untuk memberikan penghargaan kepada para juara MTQ tingkat provinsi.

 

"Hal ini diharapkan dapat menjadi dorongan dan motivasi bagi para qari dan qariah untuk terus meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam membaca Al-Qur'an," tambahnya.

 

Terakhir Saribuddin berharap agar MTQN Tingkat Kabupaten Balangan ke-XVI Tahun 2023 dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

 

"Acara ini menjadi momen penting dalam mengukur kemampuan peserta dalam membaca dan memahami Al-Qur'an serta sebagai ajang untuk memupuk semangat keagamaan dan cinta akan kitab suci bagi seluruh masyarakat Kabupaten Balangan," imbuhnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang membuka secara resmi ajang MTQ dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur’an dan menegakkan syiar islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat.


“Dalam MTQ ini juga nantinya akan tampil penghafal Al-Qur’an terbaik Bumi Sanggam, yaitu generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul,” pungkasnya.

 

Selanjutnya Bupati Balangan H. Abdul Hadi menyerahkan hadiah paket umrah dan bonus uang pembinaan bagi para qari dan qariah yang berhasil meraih juara 1, 2, dan 3 dalam ajang MTQ tingkat provinsi. Selain itu, bagi para peserta yang meraih juara harapan juga mendapatkan uang pembinaan sebagai penghargaan atas usaha mereka dalam mengikuti kompetisi ini.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments