Ka.Kankemenag: Setiap Warga Negara Bertanggung Jawab Mengikuti Pemilu

 


Paringin (Kemenag Balangan) - "Setiap warga negara memiliki tanggung jawab untuk turut serta dalam proses Pemilu dengan penuh kesadaran," ujar Kepala Kantor Kementerian (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I dimintai keterangan usai menghadiri Serah Terima Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kab. Balangan, Senin (14/08/23).

 

Dalam pernyataannya, Saribuddin menggarisbawahi pentingnya peran aktif semua elemen masyarakat dalam menjalankan hak dan kewajiban dalam demokrasi.

 

"Dan saya yakin kegiatan kirab pemilu ini akan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam seluruh rangkaian kegiatan Pemilu, termasuk proses pemungutan suara," tambahnya.

 

Menurut Saribuddin serah Terima Kirab Pemilu Tahun 2024 ini bukan hanya seremoni biasa, melainkan momen simbolis yang mengingatkan tentang pentingnya demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

"Momen bersejarah ini ditandai dengan penyerahan bendera partai politik, kain sasirangan, serta penutup kepala berwarna ungu, dimana penyerahan tersebut merupakan tanda persatuan dan keragaman yang harus dijaga dalam proses demokrasi," jelasnya memaparkan.

 

Terakhir Saribuddin menyambut baik upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan dalam mengadakan kirab pemilu ini.

 

"Saya mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Balangan untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu Tahun 2024. Semoga melalui kirab pemilu ini, semangat nasionalisme dan demokrasi akan semakin tumbuh dan mengakar dalam budi pekerti masyarakat," pungkasnya.

 

Diketahui, di Kab. Balangan akan dibangun sebanyak 429 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan didukung oleh 171 orang panitia pemungutan suara sebagai upaya konkret untuk memberikan akses yang lebih luas kepada warga dalam menyalurkan hak suara mereka.

 

Serah Terima Kirab juga dihadiri oleh Ketua KPU Kab. Balangan, Ketua KPU Kab. Tabalong, KPU Prov. Kalimantan selatan serta unsur Muspida, Kapolres BaDandim 1001 Amt/Blg, Kajari Balangan dan unsur pejabat lainnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments