Kasi Bimas Islam: Verifikasi Data Menentukan Peserta yang Tampil di MTQ

 


Paringin (Kemenag Balangan) - "Proses verifikasi data peserta MTQ memiliki peran penting dalam menentukan peserta yang memenuhi syarat untuk tampil dalam kompetisi," ujar Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Wahid Noor Fajeri saat memberikan arahan dalam Kegiatan Verifikasi Data Peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XVI Tingkat Kabupaten Balangan di Kec. Tebing Tinggi Tahun 2023 bertempat di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Sabtu (12/08/23).

 

Wahid yang juga menjabat selaku Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kab. Balangan tersebut menekankan pentingnya verifikasi data dengan akurat dan teliti, karena kesalahan yang terjadi pada tahap ini dapat berdampak pada tahap-tahap selanjutnya dalam kompetisi.

 

"Kesalahan yang kita biarkan hari ini, bisa berujung pada masalah di masa yang akan datang. Padahal pemenang dari kompetisi ini juga akan mewakili Kabupaten Balangan pada MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024 yang akan diadakan di Kab. Tapin. Oleh karena itu, lakukan verifikasi dengan sangat hati-hati dan cermat," ungkapnya.

 

Wahid selanjutnya memberikan panduan mengenai syarat dokumen yang harus dipenuhi oleh peserta dalam proses verifikasi. Dokumen-dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Surat Mandat, dan foto peserta akan menjadi bagian penting dalam menilai kelayakan peserta untuk berpartisipasi.

 

"Batas usia peserta juga harus diperhatikan karena itu akan menjadi salah satu faktor yang menentukan kategori kompetisi yang sesuai untuk setiap peserta," tambahnya.

 

Terakhir Wahid mengapresiasi partisipasi dan kerja keras seluruh tim kerja yang terlibat dalam proses verifikasi data.

 

"Kegiatan ini menjadi langkah awal yang penting dalam memastikan keberlangsungan MTQ XVI Tingkat Kabupaten Balangan yang sukses dan berkesan. Dengan kedisiplinan dan komitmen dalam menjalankan prosedur verifikasi, diharapkan peserta yang berkompetisi adalah mereka yang memenuhi persyaratan dan memiliki semangat untuk tampil dalam MTQ Kabupaten Balangan," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments