Kasi Penmad: Announcer MTQ Harus Sampaikan Informasi Jelas dan Benar

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saiful Hadi menyatakan bahwa announcer memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi dengan jelas dan benar kepada para peserta dan penonton.

 

"Announcer berperan penting dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ. Kualitas penyampaian akan berdampak pada lancarnya acara dan pengalaman peserta," ujarnya saat tampil sebagai pemateri utama dalam kegiatan Pelatihan Announcer dalam rangka persiapan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) Tingkat Kabupaten Balangan Ke-XVI di Aula Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (09/08/23).

 

Saiful yang juga menjabat sebagai pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kab. Balangan tersebut menyoroti pentingnya cara penyampaian dan pelafalan saat mengumumkan nama-nama surah dan ayat yang dibacakan oleh peserta. Kualitas penyebutan yang baik akan memberikan kesan profesional dan memberikan apresiasi kepada peserta yang telah berjuang menghafal Al-Qur'an.

 

"Kita harus menjaga agar tidak terjadi kesalahan dalam penyebutan nama surah, ayat, atau nomor peserta. Hal ini bukan hanya sebagai bentuk kedisiplinan, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan kepada para peserta yang telah berjuang keras," tambahnya.

 

Saiful berharap melalui pelatihan ini, announcer akan lebih siap dan percaya diri dalam melaksanakan tugas mereka pada pelaksanaan MTQ. Ia mengingatkan bahwa setiap bagian dari acara memiliki peran penting dalam menciptakan suasana yang kondusif dan meriah.

 

"Semoga MTQ akan berjalan dengan sukses dan memberikan pengalaman yang berharga bagi semua peserta dan penonton," pungkasnya.

 

Pelatihan juga dilengkapi dengan praktek langsung, di mana para announcer diberi kesempatan untuk berlatih dalam mengumumkan informasi dengan baik dan benar. Kegiatan interaktif ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis kepada announcer dalam memastikan bahwa acara berlangsung tanpa hambatan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments