Kasi Penmad: Vaksin RV dan HPV Akan Diberikan Gratis Kepada Anak

 


Paringin (Kemenag Balangan) - "Vaksin Rotavirus (RV) dan Human Papiloma Virus (HPV) akan diberikan secara gratis kepada anak," ujar Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saiful Hadi usai menghadiri acara Sosialisasi Introduksi dan Launching Vaksin RV dan HPV di Kabupaten Balangan yang digelar di Aula Mayang Maurai, Selasa (08/08/23).

 

Dalam kesempatan ini, Saiful dan menyampaikan informasi penting terkait dengan peluncuran vaksin RV dan HPV di Kabupaten Balangan. Vaksin RV ditujukan untuk bayi dengan rentang usia 2, 3, dan 4 bulan, sementara vaksin HPV ditargetkan untuk siswa perempuan kelas 5-6 SD yang berusia 11-12 tahun.

 

"Kami berkomitmen untuk mendukung program vaksinasi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama generasi muda. Vaksin RV dan HPV merupakan langkah penting dalam pencegahan penyakit dan perlindungan anak-anak kita," ungkapnya.

 

Pentingnya vaksinasi ini ditekankan dalam penyuluhan kepada peserta sosialisasi. Menurut Saiful, vaksin RV membantu mencegah infeksi pada saluran pencernaan yang dapat menyebabkan diare berat pada bayi. Sementara itu, vaksin HPV bertujuan melindungi perempuan dari risiko kanker leher rahim yang disebabkan oleh infeksi virus tersebut.

 

"Salah satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa kedua vaksin tersebut disediakan secara gratis sebagai bagian dari program vaksinasi pemerintah. Jadi saya mengingatkan para orang tua dan siswa untuk memanfaatkan peluang ini demi kesehatan dan perlindungan mereka," tambahnya.

 

Dengan diluncurkannya program vaksinasi Rotavirus dan HPV di Kabupaten Balangan, Saiful berharap kesehatan generasi muda dapat lebih terjamin dan risiko penyakit dapat diminimalkan.

 

"Semoga masyarakat akan merespons positif dan aktif dalam mengambil bagian dalam program vaksinasi yang bermanfaat ini," imbuhnya.

 

Hadir sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan Dokter Spesialis Anak Rumas Sakit Datu Kandang Haji memberikan penjelasan yang komprehensif dan menjawab berbagai pertanyaan yang muncul dari peserta sosialisasi terkait efek samping, manfaat, serta prosedur vaksinasi yang akan dilakukan.

 

Acara juga dihadiri Ketua TP-PKK Kab. Balangan, Kepala Dinkes PPKB Kab. Balangan, Kepala Puskesmas dan Kepala Desa se Kab. Balangan, serta pengawas Tingkat Dasar MI se-Kab. Balangan

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments