Ka.Subbag TU: E-Katalog Akan Menjadi Metode Utama Belanja Barang dan Jasa

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa semua instansi akan beralih ke penggunaan E-Katalog sebagai metode utama dalam belanja barang dan jasa.

 

"Langkah strategis ini diambil dalam rangka meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengadaan barang dan jasa," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya, Jum'at (11/08/23).

 

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil dari Zoom Optimalisasi Pengadaan Barang dan Jasa melalui e-purchasing / e-katalog dan mekanisme pengadaan lainnya pada Kamis (10/08/23) sebelumnya. Dalam diskusi, Kepala Biro Umum Kementerian Agama Republik Indonesia beserta tim memberikan wawasan dan panduan terkait penggunaan E-Katalog dan manfaatnya.

 

"Perubahan ini bertujuan untuk menggantikan sistem kuitansi yang telah ada sebelumnya. Dengan menggunakan E-Katalog, seluruh proses pembelian barang dan jasa akan terekam secara digital dan transparan, memungkinkan pelacakan yang lebih akurat dan efisien," tambah Harmainor.

 

Selanjutnya Harmainor menegaskan bahwa perubahan ini akan diterapkan secara bertahap. Langkah ini sejalan dengan aturan pemerintah dan bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dalam setiap transaksi yang melibatkan belanja barang dan jasa. Dengan demikian, diharapkan bahwa kinerja instansi dan pegawai juga dapat ditingkatkan.

 

"Pergantian sistem belanja barang dan jasa ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menerapkan teknologi informasi dalam berbagai aspek pelayanan publik. Penggunaan E-Katalog diharapkan dapat meminimalkan risiko praktik-praktik yang tidak sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik dan berkontribusi pada peningkatan integritas serta efektivitas pengelolaan anggaran," ungkapnya.

 

Terakhir Harmainor mengingatkan seluruh pegawai untuk melaksanakan aturan pemerintah dengan baik dan memanfaatkan teknologi E-Katalog dengan sebaik-baiknya.

 

"Dengan sikap yang positif dan semangat beradaptasi dengan perubahan, diharapkan instansi Kemenag Balangan akan terus berkembang menuju pelayanan publik yang lebih modern, efisien, dan transparan," imbuhnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments