Monitoring IKM, Pengawas: Pelaksanaan Diharap Efektif dan Berkualitas

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan H. Rahmatullah, S.Ag, MM melaksanakan kunjungan monitoring ke Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Balangan untuk memantau Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan pola pembelajaran 5 hari belajar, Rabu (02/08/23).

 

"Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk memastikan pelaksanaan kurikulum yang efektif dan berkualitas di lingkungan madrasah," ujarnya dimintai keterangan.

 

Rahmatullah menjelaskan Kurikulum Merdeka adalah salah satu inisiatif pemerintah dalam memperkuat pendidikan karakter dan menghadirkan kebebasan bagi satuan pendidikan dalam merancang program pembelajaran.

 

"Pola pembelajaran 5 hari belajar memungkinkan para siswa menghadiri madrasah dalam lima hari dalam seminggu, memberikan lebih banyak waktu untuk kegiatan belajar mengajar dan ekstrakurikuler," tambahnya.

 

Selama kunjungan monitoring, Rahmatullah berinteraksi dengan kepala madrasah, guru-guru dan siswa MTsN 1 Balangan untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana kurikulum ini diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari di madrasah.

 

"Penting untuk mengobservasi proses pembelajaran dan berdiskusi dengan para guru mengenai kendala dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum ini," terangnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Rahmatullah juga memberikan apresiasi atas upaya dan dedikasi para guru dalam menghadirkan pembelajaran yang bermakna bagi siswa dan menekankan pentingnya peran pendidik dalam membentuk karakter dan kualitas akademik siswa.

 

"Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Saya berharap guru-guru dapat terus berinovasi dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa," imbuhnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments