Pembukaan KSM, Ka.Kankemenag Sampaikan Dukungan Demi Prestasi Gemilang

 


Banjarmasin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menghadiri acara Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 di halaman Mandrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjarmasin, Sabtu (05/08/23).

 

Dimintai keterangan usai kegiatan, Saribuddin menyampaikan bahwa tema  KSM tahun ini adalah "Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Generasi."

 

"Hal ini mencerminkan pentingnya pembangunan karakter mandiri dan prestasi dalam mencetak generasi muda yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan agama," terangnya yang datang didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Balangan serta sejumlah Kepala Madrasah dari Balangan.

 

Saribuddin selanjutnya menyampaikan dukungannya kepada seluruh peserta, khususnya peserta dari Kabupaten Balangan agar dapat memberikan yang terbaik dan berhasil melaju ke tingkat nasional.

 

"Saya sangat bangga melihat antusiasme peserta KSM dari Kabupaten Balangan. Semoga semangat ini mampu mengantarkan mereka meraih prestasi yang gemilang dan membawa nama baik madrasah serta kabupaten kita," harapnya.

 

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Provinsi Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd menerangkan bahwa tujuan dari kegiatan KSM Tahun 2023 adalah untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

"Secara khusus tujuan KSM Tahun ini adalah menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, serta memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama," imbuhnya.

 

Kegiatan KSM melibatkan sebanyak 712 peserta dari siswa madrasah di Kalsel, termasuk di antaranya 55 orang peserta dari Kab. Balangan yang akan berkompetisi dalam beberapa mata pelajaran sains mencakup IPA Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi untuk jenjang MI, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi untuk jenjang MTs, serta Biologi Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Geografi Terintegrasi, Kimia Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi untuk jenjang MA.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments