Ka.Kankemenag: Evaluasi Kinerja Instrumen Pemantau Pelaksanaan Program

 


Tabalong (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa evaluasi kinerja menjadi salah satu instrumen penting dalam manajemen pemerintahan yang bertujuan untuk memastikan bahwa sumber daya, baik itu waktu, tenaga, maupun anggaran, digunakan secara efektif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

"Dalam konteks Kementerian Agama, evaluasi kinerja menjadi alat penting dalam memantau sejauh mana program-program dan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik," ujarnya dimintai keterangan usai menghadiri Rapat Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan II Tahun 2023 di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan bertempat di Aula Pendopo Pembataan Kab. Tabalong, Jum'at (15/09/23).

 

Dalam rapat tersebut, Saribuddin memberikan laporan tentang capaian realisasi Kementerian Agama Kabupaten Balangan selama Triwulan II Tahun 2023. "Capaian realisasi Kementerian Agama Kabupaten Balangan mencapai 57,11%, yang merupakan indikator positif dalam upaya mencapai target kinerja yang telah ditetapkan," tambahnya.

 

Menurut Saribuddin, evaluasi capaian kinerja tidak hanya mencakup angka-angka statistik semata, tetapi juga aspek-aspek kualitatif yang mengukur dampak dan manfaat dari program dan kegiatan yang dilaksanakan.

 

"Pada Kemenag, capaian kinerja juga berkaitan dengan pelayanan keagamaan, pendidikan agama, serta upaya-upaya dalam mempromosikan nilai-nilai keagamaan dan moral di masyarakat," terangnya.

 

Terakhir Saribuddin menyampaikan bahwa rapat ini merupakan bukti nyata dari komitmen Kementerian Agama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik serta berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya bagi masyarakat.

 

"Sehingga diharapkan Kementerian Agama dapat terus berkontribusi dalam memajukan sektor agama dan pendidikan di Kabupaten Balangan dan sekitarnya," pungkasnya.

 

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin M.M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan bahwa perhitungan mandiri Capaian Kinerja Triwulan II Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023 hingga triwulan II atau per Juni 2023 mencapai 56, 86 Persen, sedangkan Capaian Indikator Kinerja Triwulan II dari 155 Indikator Tahun 2023 sebesar 62,33 persen.

 

Kegiatan Rakor dihadiri Ka.Kankemenag, Ka.Subbag TU dan operator dari 13 Kabupaten/ Kota se-Kalimantan Selaran.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments