Ka.Kankemenag: FBBS Wadah Mempromosikan Kekayaan Budaya Balangan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Penyelenggara Zakat Wakaf H. Syaipullah, S.Ag, MH menyatakan bahwa Festival Budaya Banua Sanggam (FBBS) adalah wadah untuk mempromosikan dan merayakan kekayaan budaya Kabupaten Balangan, serta memupuk rasa kebersamaan dan persatuan di tengah masyarakat.

 

"Festival Budaya Banua Sanggam adalah momen penting dalam melestarikan dan mempromosikan budaya daerah kita. Ini adalah ajang bagi kita semua untuk merayakan warisan budaya yang kita miliki," ujarnya dimintai keterangan usai menghadisi acara Pembukaan FBSS 2023 Kab. Balangan bertempat di Ruang Terbuka Hijau Komplek Perkantoran Pemkab Balangan, Senin (04/09/23).

 

Menurut Syaipullah FBBS adalah perayaan budaya yang menjadi ajang unjuk prestasi seni dan budaya khas daerah. Ini menjadi penting untuk memperkenalkan budaya dalam memperkuat identitas dan persatuan masyarakat.

 

"Budaya adalah bagian integral dari identitas kita. Melalui festival budaya seperti ini, kita dapat memperkuat rasa kebanggaan akan budaya kita sendiri dan mempererat tali persaudaraan di antara kita," tambahnya.

 

FBBS 2023 menampilkan beragam pertunjukan seni dan budaya, pameran kerajinan tangan, kuliner khas daerah serta produk UMKM asli Kab. Balangan. Acara ini dihadiri oleh masyarakat Kabupaten Balangan yang antusias untuk berpartisipasi dalam merayakan budaya daerah mereka.

 

"Semoga FBBS 2023 dapat sukses dan menjadi sarana yang efektif dalam mempromosikan dan melestarikan budaya khas Banua Sanggam," harapnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang berhadir langsung membuka acara dalam sambutannya menyatakan bahwa di era globalisasi dan modernisasi, nilai-nilai budaya adat istiadat sedikit demi sedikit mulai termakan zaman, dimana tentunya hal tersebut bisa mengakibatkan hilangnya identitas kedaerahan yang dikenal dari budaya dan adat istiadatnya.

 

“Di era saat ini yang serba modern, kita harus selalu menjaga dan mempertahankan warisan budaya dan adat istiadat kedaerahan yang ada agar tidak tergerus, selain itu juga hal ini akan memperkenalkan kepada masyarakat luas secara global bahwasanya budaya kita tak kalah hebat dengan budaya lainnya” pungkasnya.

 

Festival Budaya Banua Sanggam 2023 akan berlangsung hingga Rabu, (06/09). Seluruh masyarakat diundang untuk datang dan menikmati berbagai sajian budaya yang ditampilkan dalam festival.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments