Ka.Kankemenag: Pendataan EMIS Bantu Pontren Akses Bantuan Kemenag

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa salah satu tujuan dari pelaksanaan pendataan EMIS 4.0 adalah untuk memastikan pondok pesantren di Kabupaten Balangan dapat dengan mudah mengakses bantuan yang disediakan oleh Kementerian Agama.

 

"Data yang akurat dan lengkap sangat penting dalam proses penyaluran bantuan dan pembinaan bagi pondok pesantren. Dengan data yang valid, Kementerian Agama dapat dengan lebih efisien merencanakan, mengalokasikan, dan mendistribusikan sumber daya serta dukungan yang diperlukan oleh pondok pesantren," ujarnya memberikan arahan dalam Kegiatan Pendampingan Pelaksanaan Pendataan EMIS 4.0 pada Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kemenag Balangan berlokasi di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Kamis (07/09/23).

 

Selain itu menurut Saribuddin, pendataan EMIS 4.0 ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan pelayanan pendidikan agama dan keagamaan Islam di Kabupaten Balangan.

 

"Pondok pesantren diharapkan untuk mengisi data dengan akurat dan lengkap, termasuk informasi tentang sarana dan prasarana pendidikan, jumlah santri, program pendidikan yang diselenggarakan, dan informasi lain yang relevan," tambahnya.

 

Selanjutnya Saribuddin menghimbau para operator pada pondok pesantren untuk melakukan pendataan EMIS 4.0 harus dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab.

 

"Saya mengajak semua pihak terlibat untuk bekerja sama dengan penuh semangat dan dedikasi agar tujuan utama, yaitu kemudahan akses bantuan Kemenag untuk pondok pesantren, dapat tercapai," ujarnya.

 

Terakhir, Saribuddin menyoroti pentingnya kolaborasi antara pihak pondok pesantren, Kemenag, dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan agama di Kabupaten Balangan. Kerjasama yang baik dapat memastikan bahwa sumber daya yang ada dimanfaatkan secara efektif untuk kepentingan pendidikan agama yang lebih baik di wilayah ini.

 

"Dengan semangat kerja sama dan komitmen untuk meningkatkan pendidikan agama, Kabupaten Balangan diharapkan akan menjadi tempat yang lebih baik bagi pengembangan pesantren dan pendidikan agama Islam yang berkualitas," pungkasnya.

 

Selain dihadiri oleh perwakilan/operator Pondok Pesantren, turut berhadir peserta dari Madrasah Diniyah Takmiliyah se-Kab. Balangan dan Taman Pendidikan Al-Qur'an di Kab. Balangan dengan total peserta berjumlah 30 orang.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments