Kasi Bimas Islam: Revitalisasi Bantu Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan KUA

 


Paringin (Kemenag Balangan) - "Revitalisasi akan bantu meningkatkan kapasitas kelembagaan Kantor Urusan Agama (KUA)," ujar Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri saar melakukan Melakukan Kunjungan Monitoring ke KUA Kec. Paringin Selatan dalam Rangka Supervisi dan Evaluasi Kapasitas Kelembagaan KUA Pra dan Pasca Revitalisasi, Kamis (31/08/23).

 

Wahid menerangkan upaya untuk memperkuat dan meningkatkan kapasitas lembaga keagamaan seperti KUA adalah salah satu komitmen yang penting dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

"Sehingga kegiatan monitoring ini bertujuan untuk memastikan bahwa KUA di Kabupaten Balangan dapat beroperasi secara efisien dan efektif dalam memberikan layanan kepada masyarakat terutama dalam hal administrasi pernikahan, perceraian, dan berbagai urusan keagamaan lainnya," tambahnya.

 

Dalam kunjungannya, Wahid melakukan serangkaian pertemuan dengan staf dan pimpinan KUA. Beliau mendiskusikan berbagai aspek yang berkaitan dengan kapasitas kelembagaan, termasuk perubahan yang terjadi sebelum dan setelah revitalisasi KUA.

 

"Tujuan utama adalah untuk memahami perbaikan yang telah dicapai dan mengevaluasi sejauh mana KUA telah meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat," terangnya.

 

Selain itu, Wahid juga memberikan arahan dan rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut dalam kapasitas KUA. Hal ini termasuk peningkatan pelatihan staf, pengembangan sistem administrasi, dan penguatan kolaborasi dengan masyarakat setempat.

 

"Kegiatan supervisi dan evaluasi seperti ini adalah langkah yang penting dalam memastikan bahwa lembaga-lembaga keagamaan seperti KUA dapat memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Dengan pemantauan yang cermat dan berkelanjutan, diharapkan kapasitas kelembagaan KUA di Kabupaten Balangan akan terus meningkat, sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik dan efisien dalam berbagai urusan keagamaan," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments