Ka.Kankemenag: Pasar Ramadhan Momen Pengingat Kehalalan Produk

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menghadiri pembukaan Pasar Ramadhan 1445 H yang bertempat di sekitar Lapangan Sepak Bola Martasura, Kecamatan Paringin, Selasa (12/3/2024) sore.

 

Saribuddin menyatakan Pembukaan Pasar Ramadhan selain menjadi tonggak penting dalam mempersiapkan diri menyambut bulan suci, juga menjadi momen pengingat pentingnya aspek kehalalan produk bagi umat Islam.

 

"Acara pembukaan pasar Ramadhan di Paringin tidak sekedar menjadi ajang untuk merayakan kehadiran bulan suci Ramadhan, tetapi juga sebagai momentum untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai pentingnya kehalalan produk yang akan dikonsumsi umat Islam," ujarnya.

 

Saribuddin menerangkan bahwa mulai tanggal 17 Oktober 2024, semua produk yang beredar di pasaran haruslah memiliki sertifikat halal sebagai bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan umat.

 

"Kita tidak dapat mengabaikan pentingnya aspek kehalalan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Oleh karena itu mulai tanggal 17 Oktober 2024, setiap produk UMKM yang beredar di Indonesia termasuk wilayah Kabupaten Balangan haruslah memiliki sertifikat halal," tegasnya.

 

Usai pembukaan, Saribuddin turut memantau kegiatan di Pos Pelayanan Pendamping Produk Halal (PPH) dan Pendaftaran Sertifikasi Produk Halal bersama para Penyuluh. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa proses sertifikasi produk halal berjalan dengan lancar dan efisien, serta memberikan kemudahan bagi produsen dan konsumen dalam mengakses informasi kehalalan produk.

 

"Kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki akses mudah dan jelas terhadap produk-produk yang halal dan bermutu. Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap dapat memberikan perlindungan serta kepastian hukum kepada konsumen, sementara juga mendorong produsen untuk meningkatkan kualitas produk mereka," imbuhnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang membuka langsung Pasar Ramadhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain menyediakan makanan untuk berbuka, Pasar Ramadhan diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi selama Ramadhan.

 

“Mudah-mudahan selama Ramadhan, terjadi pertumbuhan ekonomi di pasar Ramadhan ini, dan kita semua bergairah untuk hadir di pasar Ramadhan,” pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments