HUT IPARI Ke-1, Penyuluh Agama Balangan Gelar Penanaman Pohon

 


Paringin (Kemenag Balangan) – Anggota Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Serentak untuk memperingati Hari Lahir IPARI ke-1 pada Kamis (30/05/2024) di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan, Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I, ikut terlibat aktif dalam aksi penanaman pohon tersebut. Dengan tema "Rawat Bumi, Perkuat Moderasi," kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kesadaran lingkungan sekaligus memperkuat semangat moderasi beragama di tengah masyarakat.

 

"Kegiatan ini sangat positif dan selaras dengan ajaran agama yang mengajarkan kita untuk menjaga dan merawat alam. Penanaman pohon ini tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan kita saat ini, tetapi juga untuk generasi yang akan datang," ujarnya menyampaikan apresiasi.

 

Saribuddin menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari agenda Penanaman Sejuta Pohon yang dilaksanakan serentak oleh seluruh anggota IPARI di seluruh Indonesia.

 

"Penanaman pohon bukan hanya untuk penghijauan, tetapi juga untuk memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat di masa depan. Pohon-pohon ini akan tumbuh dan menghasilkan buah yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang," tambah Saribuddin.

 

Selanjutnya menurut Saribuddin penanaman pohon ini merupakan simbol kerja sama dan komitmen  bersama sebagai bentuk sinergi untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari serta menjaga bumi sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan

 

"Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi daerah lain untuk melakukan hal serupa. Mari kita bersama-sama menjaga bumi dan memperkuat moderasi beragama melalui aksi nyata seperti ini," imbuhnya.

 

Abdul Muin, Ketua IPARI Kab. Balangan menjelaskan bahwa penanaman pohon di Balangan melibatkan seluruh anggota IPARI Kab. Balangan. Setiap peserta membawa bibit pohon untuk ditanam di area yang telah ditentukan.

 

"Ini adalah langkah yang sangat baik dan perlu terus dilakukan. Saya berharap kegiatan serupa dapat terus digalakkan untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi lingkungan kita," ujarnya.

 

Terakhir Muin menyampaikan harapannya bahwa dengan semangat "Rawat Bumi, Perkuat Moderasi," kegiatan penanaman pohon serentak ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan sekaligus memperkuat semangat kebersamaan dalam menjaga alam ciptaan Tuhan.

 

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, semangat menjaga lingkungan dan moderasi beragama semakin kuat di Kabupaten Balangan," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments