Pemberangkatan Jamaah Haji, Ka.Kankemenag Tekankan Optimalisasi Bus

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menghadiri rapat Persiapan Pemberangkatan Jamaah Haji Kab. Balangan Tahun 1445 H / 2024 M di Ruang Rapat Setda Kab. Balangan, Rabu (15/05/2024).

 

Dalam rapat tersebut, Saribuddin menekankan pentingnya memastikan segala persiapan berjalan lancar demi kenyamanan dan keselamatan jamaah haji.

 

"Kita harus memastikan seluruh persiapan, terutama terkait transportasi, berjalan dengan baik. Kondisi bus yang akan mengangkut jamaah haji dari Balangan ke Asrama Haji harus dalam kondisi optimal," ujarnya.

 

Saribuddin menjelaskan bahwa kondisi bus yang prima sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

 

"Kita tidak ingin ada kendala teknis yang mengganggu perjalanan jamaah haji. Oleh karena itu, setiap bus yang digunakan harus diperiksa secara menyeluruh dan dipastikan dalam kondisi terbaik," tegasnya.

 

Karenanya Saribuddin meminta agar semua pihak terkait melakukan koordinasi yang baik.

 

"Koordinasi antara semua pihak sangat penting. Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, bagian Kesra dan pihak kepolisian harus bekerja sama untuk memastikan kelancaran dan keselamatan pemberangkatan jamaah haji," tambahnya.

 

Menanggapi hal tersebut, perwakilan dari Kesra Kabupaten Balangan menyatakan kesiapannya dalam menyediakan armada bus yang layak.

 

"Kami akan memastikan semua bus yang digunakan dalam kondisi baik serta selalu siap siaga untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Untuk lansia akan diberangkatkan di mobil terendiri demi kenyamanan," ujarnya.

 

Perwakilan dari Dinas Kesehatan menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan bagi para jamaah sebelum keberangkatan.

 

"Kami telah melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh kepada semua jamaah haji untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat dan siap untuk menjalankan ibadah haji," terangnya.

 

Pihak kepolisian juga menyampaikan dukungannya dalam hal pengamanan selama proses pemberangkatan.

 

"Kami akan memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pemberangkatan. Kami juga akan melakukan pengawalan bus yang membawa jamaah haji hingga ke Asrama Haji," ungkapnya.

 

Di akhir rapat, Saribuddin kembali menekankan pentingnya kerjasama dan koordinasi.

 

"Mari kita bekerja sama dengan baik. Semua pihak harus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi jamaah haji kita. Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memastikan mereka bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar dan aman," pungkasnya.

 

Diketahui, Jamaah haji Kab. Balangan Tahun 1445 H / 2024 M akan melaksanakan pelepasan jamaah pada Minggu (02/06/2024) sore di Mesjid Al Akbar Kab. Balangan menuju Asrama Haji. Jamaah Haji Kab. Balangan termasuk di Kloter 17 bersama-sama dengan Jamaah Kab. Tanjung dan Kab. Banjar.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments