Rashdul Kiblat, Ka.Kankemenag Himbau Masyarakat Cek Kembali Arah Kiblat

 


Paringin (Kemenag Balangan) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan, Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I, menghimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan kembali arah kiblat pada peristiwa Rashdul Kiblat/Istiwa A'zam yang akan terjadi pada Senin, 27 Mei 2024.

 

"Rashdul Kiblat/Istiwa A'zam adalah fenomena di mana matahari berada tepat di atas Ka'bah. Sehingga semua bayangan dari benda yang tegak lurus akan menghadap ke kiblat," ujar Saribuddin saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Selasa (21/05/2024).

 

Saribuddin menghimbau masyarakat untuk mengecek arah kiblat di rumah, kantor, fasilitas umum, tempat usaha, dan tempat lain yang sering digunakan untuk ibadah. "Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk memastikan bahwa arah kiblat yang kita gunakan selama ini sudah benar," tambahnya.

 

Dalam melakukan pengecekan arah kiblat, beberapa hal perlu diperhatikan.

 

"Benda patokan harus tegak lurus dengan permukaan bumi atau bisa menggunakan bandul, permukaan dasar harus datar dan rata, serta sesuaikan jam acuan dengan BMKG, RRI, atau Telkom," jelas Saribuddin. Dirinya menekankan pentingnya kesesuaian waktu pengecekan dengan waktu Rashdul Kiblat, yaitu pukul 16.18 WIB/17.18 WITA pada tanggal 27 Mei 2024.

 

Tidak ingin menyia-nyiakan momen langka ini, Kemenag RI menggelar kegiatan bertajuk Hari Sejuta Kiblat dengan tagline Temukan Kiblat, temukan Kekhusyuan.

 

"Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk mengupload foto pengukuran arah kiblat ke Instagram dan mention akun @harisejutakiblat serta menggunakan hastag #harisejutakiblat dan #bimasialm," terang Saribuddin.

 

Kegiatan Hari Sejuta Kiblat dapat diikuti oleh berbagai kalangan seperti Penyuluh Agama, Santri Pondok Pesantren, Siswa Madrasah, Mahasiswa Perguruan Tinggi, Anggota Majelis Taklim, Aktivis Ormas Islam, Takmir Masjid, PNS, Buruh/Karyawan Swasta, Pedagang/Pelaku Usaha, Petani/Nelayan, pengelola fasilitas umum serta masyarakat umum lainnya.

 

Sebagai bentuk apresiasi, akan ada doorprize total 20 juta rupiah untuk 60 orang terpilih. "Kami berharap kegiatan ini tidak hanya membantu masyarakat untuk memastikan arah kiblat yang benar, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keakuratan arah kiblat dalam beribadah," tutup Saribuddin.

 

Peserta yang ingin mengikuti kegiatan Hari Sejuta Kiblat bisa mendaftar di http://s.id/harisejutakiblat

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments