Sambut HUT IPARI, Penyuluh Agama Akan Gelar Penanaman Pohon

 


Paringin (Kemenag Balangan) Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan, Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I, memimpin rapat persiapan pelaksanaan penanaman pohon serentak dalam rangka peringatan Hari Lahir Ke-1 Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) di ruang kerjanya, Rabu (29/05/2024).

 

Dalam arahannya, Saribuddin menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya menjaga kelestarian lingkungan dan memperkuat moderasi beragama.

 

"Tema 'Rawat Bumi, Perkuat Moderasi' dipilih untuk menggambarkan komitmen kita dalam menjaga alam sekaligus mempromosikan moderasi beragama. Penanaman pohon ini bukan hanya simbolis, tetapi juga aksi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan," ujarnya.

 

Kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memperingati HUT IPARI yang jatuh pada tanggal 26 Mei 2024 ini mencakup beberapa aksi, antara lain Gerakan Zero Plastic, Gerakan Tanam Sejuta Pohon, dan Seminar Teologi Perspektif Agama. Penanaman pohon serentak sendiri dijadwalkan pada Kamis (20 Mei 2024) di lingkungan area Kantor Kemenag Balangan.

 

"Gerakan Zero Plastic bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang sangat berdampak pada lingkungan. Kami akan mengajak seluruh peserta dan masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan plastik," jelas Saribuddin.

 

Adapun Gerakan Tanam Sejuta Pohon akan melibatkan para penyuluh agama Islam yang ada di lingkup Kemenag Balangan.

 

"Kami berharap semua pihak dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Menanam pohon adalah investasi jangka panjang untuk generasi mendatang," tambahnya.

 

Sementara Seminar Teologi Perspektif Agama akan menghadirkan berbagai narasumber dari lintas agama untuk membahas pentingnya menjaga lingkungan dalam perspektif ajaran masing-masing.

 

"Seminar yang dapat disaksikan melalui zoom dan Youtube Dirjen Bimas Islamini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan memperkuat sinergi antarumat beragama dalam menjaga lingkungan," katanya.

 

Selanjutnya Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon akan dilaksanakan di lingkuan area Kemenag Balangan.

 

"Kami telah memastikan lokasi penanaman pohon sudah siap. Area sekitar Kantor Kemenag Balangan akan menjadi titik utama penanaman," ungkapnya.

 

Wahid berharap dengan persiapan yang matang, kegiatan penanaman pohon serentak ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam upaya pelestarian lingkungan sekaligus memperkuat moderasi beragama di Kabupaten Balangan.

 

"Kolaborasi semua pihak sangat penting untuk kesuksesan acara ini. Kami berharap, kegiatan ini dapat

berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat," tutupnya.

 

Dalam rapat tersebut, turut hadir para penyuluh agama Islam yang nantinya akan terlibat langsung sebagai peserta dalam kegiatan ini.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments