Ka.Kankemenag: Dharmasanti Waisak Menguatkan Persatuan dalam Keberagaman

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan, Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I, menghadiri perayaan Dharmasanti Waisak 2568 BE/2024 yang diselenggarakan di Vihara Dhammaratana, Desa Kapul, Kecamatan Balangan, pada Selasa (25/06/2024).

 

Saribuddin saat dimintai keterangan mengapresiasi semangat kebersamaan yang ditunjukkan oleh umat Buddha dalam merayakan Waisak tahun ini. Dirinya menekankan pentingnya nilai-nilai toleransi dan kebersamaan dalam membangun masyarakat yang harmonis.

 

"Dengan mengangkat tema Memperkokoh Persatuan dalam Keberagaman, perayaan Waisak ini adalah momen penting untuk mempererat tali persaudaraan dan kerukunan antarumat beragama. Dalam keberagaman, kita menemukan kekuatan dan kebersamaan yang kokoh," ujarnya.

 

Saribuddin juga mengajak seluruh umat Buddha untuk terus berkontribusi positif bagi masyarakat dan menjadi teladan dalam menciptakan kedamaian.

 

"Saya berharap umat Buddha di Kabupaten Balangan dapat terus berperan aktif dalam masyarakat, menunjukkan sikap saling menghargai, dan menjadi teladan dalam menciptakan kedamaian serta keharmonisan," tambahnya.

 

Menurut Saribuddin Perayaan Dharmasanti Waisak di Balangan menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara umat Buddha dengan masyarakat luas. Tokoh-tokoh agama dan masyarakat dari berbagai latar belakang turut hadir, menunjukkan dukungan dan semangat persatuan. Keberagaman yang ada di Kabupaten Balangan menjadi fondasi kuat dalam menciptakan masyarakat yang harmonis dan damai.

 

"Perayaan ini tidak hanya memberikan kesan mendalam bagi umat Buddha, tetapi juga menjadi momen refleksi bagi seluruh masyarakat untuk terus mengembangkan sikap toleransi dan saling menghormati. Semangat persatuan dalam keberagaman yang diusung dalam perayaan Waisak ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak dalam membangun masyarakat yang lebih baik," ungkapnya.

 

Sementara Penyelenggara Buddha Hariani, S.Pd., MM, menyampaikan pesan yang mendalam mengenai niat baik yang mendasari perayaan Waisak.

 

"Berangkat dari niat yang baik, kami menggemakan Waisak, berusaha dengan cara yang baik mendukung gema Waisak, dengan tujuan yang baik. Semoga kita semua mendapatkan manfaat dari gema Waisak ini. Kepada segenap insan yang peduli akan kebaikan, mari berbuat baik sebagai gemanya Waisak," terangnya dalam sambutan.

 

Hariani berharap perayaan Waisak ini membawa berkah dan kedamaian bagi seluruh umat serta memberikan kekuatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 

"Dengan semangat Waisak, diharapkan masyarakat dapat terus hidup dalam harmoni dan kedamaian, saling mendukung satu sama lain demi kebaikan bersama," pungkasnya.

 

Acara perayaan Dharmasanti Waisak ini diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti ceramah Dharma dan ritual pemberkatan. Selain itu, ada juga penampilan seni budaya yang menggambarkan kekayaan tradisi umat Buddha, seperti tarian dan musik tradisional. Umat Buddha dari berbagai kalangan tampak antusias mengikuti rangkaian acara dengan penuh khidmat.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments