Pemberangkatan Jamaah Haji, Ka.Kankemenag Berpesan Jaga Kesehatan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Sebanyak 194 orang jamaah haji Kabupaten Balangan menghadiri acara pelepasan Jamaah Haji Kabupaten Balangan 1445 H / 2024 M di halaman Masjid Al Akbar Balangan pada Minggu (02/06/2024)

 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan, Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan pesan pentingnya kesehatan kepada para jamaah.

 

"Saya harap jamaah sekalian bisa menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji agar dapat melaksanakan semua rukun haji dengan lancar dan khusyuk," ujarnya.

 

Menurut Saribuddin, menjaga kesehatan adalah kunci utama agar ibadah haji bisa dijalankan dengan baik. Dirinya meninta jamaah untuk selalu mematuhi petunjuk kesehatan, mengonsumsi makanan bergizi, dan mengatur waktu istirahat dengan baik

 

"Para jamaah juga diharapkan bisa saling membantu dan menjaga kekompakan selama berada di tanah suci," tambahnya.

 

Bupati Balangan, H. Abdul Hadi, yang secara resmi melepas rombongan jamaah haji, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar para jamaah tidak hanya fokus pada ibadah pribadi tetapi juga mendoakan kebaikan bagi seluruh masyarakat Balangan.

 

"Mohon doakan agar Kabupaten Balangan selalu dalam lindungan Allah SWT dan masyarakatnya sejahtera. Semoga semua jamaah diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah dan menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

 

Selanjutnya Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Rahmadi, S.Pd.I, MM, memberikan rincian mengenai jamaah yang akan berangkat.

 

"Dari total 194 jamaah, terdiri dari 89 laki-laki dan 105 perempuan. Usia termuda dari jamaah yang berangkat adalah 22 tahun, sedangkan yang tertua berusia 89 tahun," paparnya.

 

Rahmadi juga menjelaskan bahwa para jamaah tergabung dalam kloter 17 dan akan diberangkatkan menuju Mekkah terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Madinah.

 

"Jamaah akan diterbangkan dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dan setibanya di Arab Saudi akan langsung menuju Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib sebelum menjalankan rangkaian haji," tutupnya.

 

Acara pelepasan ini berlangsung meriah namun penuh khidmat. Keluarga dan kerabat yang hadir memberikan doa dan harapan terbaik mereka, sementara tangis haru dan senyum kebanggaan tampak di wajah para jamaah yang akan menunaikan rukun Islam yang kelima ini.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments