Penceramah: Sunnah Menjilat 3 Jari Setelah Makan

 


Paringin (Kemenag Balangan) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan, Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I, menghadiri kegiatan Pembinaan Mental Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kabupaten Balangan yang diselenggarakan di Musholla Al Anshor, Kantor Kemenag Balangan pada Senin (08/07/2024).

 

Acara ini menghadirkan Ustadz Habib Syakir Al Barr sebagai penceramah yang membahas tentang adab makan Rasulullah SAW.

 

"Mengikuti adab makan Rasulullah SAW tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga membantu menjaga sikap dan perilaku yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

 

Selanjutnya Habib Syakir memaparkan pentingnya mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW dalam hal adab makan.

 

"Sunnah makan menggunakan tiga jari serta menghisabnya selesai makan. Menyantap makanan dengan menggunakan tiga jari, yaitu jari tengah, telunjuk, dan ibu jari merupakan sunnah yang menunjukkan kesederhanaan dan menjaga kebersihan," ujarnya.

 

Habis Syakir juga menyatakan agar menghindari makan dengan berbaring. "Makruh atau tidak dianjurkan makan dalam keadaan berbaring, karena dapat mempengaruhi kesehatan dan tidak mencerminkan etika makan yang baik," ujarnya.

 

Lebih lanjut Habib Syakir juga menyatakan bahwa Rasulullah tidak menyukai cara makan dengan bersandar.

 

"Makruh makan dengan bersandar, karena tidak sesuai dengan tata cara makan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan dapat menunjukkan ketidaknyamanan atau ketidakpedulian dalam makan," terangnya.

 

Sementara Saribuddin dalam keterangannya meminta agar seluruh ASN yang hadir dapat mengamalkan sunnah Rasulullah SAW yang telah dipaparkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Pembinaan mental seperti ini adalah momen yang baik untuk kita semua dalam memperbaiki dan memperkuat kualitas diri, termasuk dalam hal yang nampaknya sepele seperti adab makan. Mari kita amalkan sunnah Rasulullah SAW dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

 

Saribuddin berharap kegiatan seperti ini bisa rutin diadakan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan ajaran Islam dalam keseharian para ASN di Kemenag Balangan. Ia menekankan pentingnya menjaga adab dan akhlak yang baik sebagai bentuk pengabdian kepada Allah dan teladan bagi masyarakat.

 

“Kami akan terus mendukung kegiatan pembinaan mental seperti ini. Semoga dengan menerapkan ajaran Rasulullah SAW, kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan mampu memberikan teladan yang positif di tengah masyarakat,” pungkasnya


Kegiatan pembinaan mental diikuti oleh karyawan/ti Kantor Kemenag Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments