Penutupan MTQ Kab. Balangan, Ka.Kankemenag : Batumandi Raih Juara Umum

 


Paringin (Kemenag Balangan) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan, Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I, menyampaikan selamat kepada Kecamatan Batumandi yang berhasil meraih juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-17 Tingkat Kabupaten Balangan yang diselenggarakan di Kecamatan Halong.


"Saya mengucapkan selamat kepada Kecamatan Batumandi yang telah berhasil menjadi juara umum pada MTQ Nasional tingkat Kabupaten Balangan ini. Prestasi ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi para kafilah dan pelatih," ujarnya usai menghadiri acara Penutupan MTQN Nasional ke-17 Tingkat Kab. Balangan di Kecamatan Halong pada Minggu (21/07/2024) malam.

 

Tak lupa, Saribuddin juga memberikan semangat kepada kafilah-kafilah MTQ yang belum berhasil meraih kemenangan dalam kompetisi ini.

 

 "Jangan putus asa tidak berhasil pada saat sekarang, karena ini mungkin merupakan isyarat untuk semakin giat berlatih dan meningkatkan kemampuan, khususnya dalam tilawah Al-Qur’an. Semua pihak akan terus mendukung agar semua kafilah dapat memberi kiprah dan prestasi yang lebih baik pada kesempatan kompetisi yang akan datang," katanya.

 

Sementara itu, Bupati Balangan, H Abdul Hadi, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tujuan dari pelaksanaan MTQ ini bukan hanya untuk melahirkan qori dan qori’ah terbaik, tetapi juga untuk menginspirasi semua peserta dan masyarakat agar lebih mencintai Al-Qur’an.

 

"Dengan demikian, MTQ yang telah diselenggarakan dan telah diikuti, serta sama-sama didukung dengan berbagai bentuk partisipasi ini tidak akan menjadi sia-sia dan tidak hilang begitu saja bersama ditutupnya MTQ ini," katanya.

 

Abdul Hadi juga menambahkan bahwa para pemenang MTQ tingkat Kabupaten Balangan akan diberi tanggung jawab untuk mewakili Balangan dalam persaingan yang lebih ketat lagi pada MTQ tingkat Provinsi.

 

"Beberapa daerah di Kalsel telah berhasil mengirim qori dan qori’ah untuk mewakili Indonesia di kompetisi tilawatil Qur’an antar bangsa. Saya yakin Balangan juga bisa, tetapi kita perlu persiapan dan pembinaan yang lebih baik lagi, dan itu memerlukan kerja keras dan komitmen, baik dari LPTQ maupun dari kita semua. Mudah-mudahan impian kita untuk memiliki qori dan qori’ah bertaraf nasional dapat kita peroleh dari generasi Qur’ani yang turut berlomba pada gelaran MTQ ke-17 di Kecamatan Halong ini," pungkasnya.

 

Dalam hasil akhir kompetisi, dari 8 kecamatan yang mengikuti MTQ Nasional tingkat Kabupaten Balangan, Kecamatan Batumandi kembali menjadi juara umum dengan nilai 81. Juara 2 diraih oleh Kecamatan Halong dengan nilai 71, juara 3 Kecamatan Awayan dengan nilai 67, juara 4 Kecamatan Paringin Selatan dengan nilai 53, juara 5 Kecamatan Lampihong dengan nilai 51, juara 6 Kecamatan Paringin dengan nilai 35, juara 7 Kecamatan Juai dengan nilai 27, dan juara 8 Kecamatan Tebing Tinggi dengan nilai 3.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments